Program Madrasah Unggul dan Berkarakter
I. Dasar MTsN Bukit Raya menuju madrasah Unggul dan Berkarakter
- Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2010 tentang norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang pendidikan
- Rencana Strategis Kementerian Agama tahun 2006-2010 yang menyatakan bahwa untuk meningkatkan daya saing bangsa, perlu dikembangkan Madrasah bertaraf internasional pada tingkat Kabupaten/Kota melalui kerjasama yang konsisten antara pemerintah dengan pemerintah Kabupaten/Kota yang bersangkutan
- Rencana Strategis Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama tahun 2006-2010
- Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tentang Pelaksanaan Standar Isi di Madrasah
II. Tujuan madrasah Unggul Berkarakter
A. Madrasah unggul adalah :
- Menciptakan siswa yang unggul bidang akademik
- Meningkatnya hasil kelulusan siswa baik kuantitas dan kualitas
- Meningkatnya prestasi olimpiade siswa (Kota, Provinsi dan Nasional)
- Terciptanya lingkungan berbahasa Arab dan Inggris
- Meningkatnya prestasi ekstrakurikuler siswa (Kota, Provinsi dan Nasional)
B. Madrasah berkarakter adalah :
- Menumbuhkan prilaku Islami secara nyata dalam kehidupan
- Menghasilkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa
- Menghasilkan peserta didik yang menjiwai dan mengamalkan nilai-nilai Agama
- Terbentuknya karakter siswa yang peduli lingkungan
- Menghasilkan lingkungan Sekolah yang bersih dan asri
- Terwujudnya Madrasah ADIWIYATA
- Menghasilkan budaya disiplin dan budaya kerja yang berkualitas dan kompetitif
III. Program Dan Strategis Untuk Meweujudkan Madrasah Unggul Berkarakter
A. Program Madrasah Unggul Berkarakter
- Kelulusan dan Prestasi
- Kuantitas kelulusan 100%
- Peningkatan kualitas kelulusan diatas rata-rata standar Nasional
- Meningkatnya jumlah lulusan MTs diterima di Sekolah unggulan
- Pengembangan lomba-lomba akademik dan non akademik
- Pengembangan bahasa Arab dan bahasa Inggris
- Pengembangan Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
- Pengembangan dan peningkatan kualifikasi dan komponen Guru Profesional
- Pengembangan/peningkatan kompetensi tenaga TU
- Pengembangan tenaga pendukung (laboran, perpustakawan, TIK
- Pengembangan Standar Isi (Kurikulum)
- Pengembangan silabus
- Pengembangan RPP dan program perbaikan dan pengayaan
- Pengembangan RPP karakter (islami dan lingkungan)
- Pengembangan Standar Proses Pembelajaran
- Pengembangan dan inovasi-inovasi metode pembelajaran
- Pengembangan dan inovasi-inovasi bahan pembelajaran
- Pengembangan dan inovasi-inovasi sumber pembelajaran
- Pengembangan Standar Prasarana dan Sarana Pendidikan
- Peningkatan dan pengembangan inovasi-inovasi media pembelajaran
- Pengembangan sarana dan prasarana pendidikan
- Penciptaan lingkungan yang asri dan bersih sebagai pusat pembelajaran
- Pengembangan jaringan informasi akademik
- Pengembangan Standar Pengelolaan Pendidikan
- Pengembangan/penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)
- Pengembangan dan melengkapi administrasi Sekolah
- Pengembangan implementasi MBS dengan mengfungsikan peran Komite
- Pengembangan Standar Pembiayaan Pendidikan
- Penggalangan dana dari berbagai sumber yang sesuai dengan peraturan perundang-undang yang berlaku
- Penciptaan usaha-usaha di sekolah sebagai income generating aktivities
- Pengembangan jaringan kerjasama vertikal dan horizontal dengan stekholders
- Pengembangan Standar Penilaian
- Pengembangan perangkat model penilaian pembelajaran
- Implementasi model evaluasi pembelajaran : ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan uji coba
- Pengembangan instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi
- Pengembangan lomba-lomba atau uji coba dan peningkatan standar nilai
B. Strategis Untuk Mewujudkan Madrasah Unggul Berkarakter
NO | PROGRAM STRATEGI | STRATEGI PELAKSANAAN | ||
1 | 2 | 3 | ||
1. | Pengembangan Standar Kelulusan | |||
|
|
|||
|
|
|||
|
|
|||
|
|
|||
2. | Pengembangan Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan | |||
|
|
|||
|
|
|||
|
|
|||
3.
|
Pengembangan standar isi ( kurikulum ) | |||
|
|
|||
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
|
|||
|
|
|||
|
|
|||
4. | Pengembangan Standar Proses Pembelajaran | |||
|
|
|||
|
|
|||
|
|
|||
5. | Pengembangan Standar Prasarana dan Sarana Pendidikan | |||
|
|
|||
|
|
|||
informasi akademik |
|
|||
6. | Pengembangan Standar Pengelolaan Pendidikan | |||
|
|
|||
|
|
|||
|
|
|||
7. | Pengembangan Standar Pembiayaan Pendidikan | |||
|
|
|||
8. | Pengembangan Standar Penilaian | |||
|
|
|||
|
|
|||
|
|
|||
|
|