Program

Program Madrasah Unggul dan Berkarakter

I. Dasar MTsN Bukit Raya menuju madrasah Unggul dan Berkarakter

  1. Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2010 tentang norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang pendidikan
  4. Rencana Strategis Kementerian Agama tahun 2006-2010 yang menyatakan bahwa untuk meningkatkan daya saing bangsa, perlu dikembangkan Madrasah bertaraf internasional pada tingkat Kabupaten/Kota melalui kerjasama yang konsisten antara pemerintah dengan pemerintah Kabupaten/Kota yang bersangkutan
  5. Rencana Strategis Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama tahun 2006-2010
  6. Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tentang Pelaksanaan Standar Isi di Madrasah

II. Tujuan madrasah Unggul Berkarakter

A. Madrasah unggul adalah :

  1. Menciptakan siswa yang unggul bidang akademik
  2. Meningkatnya hasil kelulusan siswa baik kuantitas dan kualitas
  3. Meningkatnya prestasi olimpiade siswa (Kota, Provinsi dan Nasional)
  4. Terciptanya lingkungan berbahasa Arab dan Inggris
  5. Meningkatnya prestasi ekstrakurikuler siswa (Kota, Provinsi dan Nasional)

B. Madrasah berkarakter adalah :

  1. Menumbuhkan prilaku Islami secara nyata dalam kehidupan
  2. Menghasilkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa
  3. Menghasilkan peserta didik yang menjiwai dan mengamalkan nilai-nilai Agama
  4. Terbentuknya karakter siswa yang peduli lingkungan
  5. Menghasilkan lingkungan Sekolah yang bersih dan asri
  6. Terwujudnya Madrasah ADIWIYATA
  7. Menghasilkan budaya disiplin dan budaya kerja yang berkualitas dan kompetitif

 

III. Program Dan Strategis Untuk Meweujudkan Madrasah Unggul Berkarakter

A. Program Madrasah Unggul Berkarakter

  1. Kelulusan dan Prestasi
    1. Kuantitas kelulusan 100%
    2. Peningkatan kualitas kelulusan diatas rata-rata standar Nasional
    3. Meningkatnya jumlah lulusan MTs diterima di Sekolah unggulan
    4. Pengembangan lomba-lomba akademik dan non akademik
    5. Pengembangan bahasa Arab dan bahasa Inggris
  2. Pengembangan Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
    1. Pengembangan dan peningkatan kualifikasi dan komponen Guru Profesional
    2. Pengembangan/peningkatan kompetensi tenaga TU
    3. Pengembangan tenaga pendukung (laboran, perpustakawan, TIK
  3. Pengembangan Standar Isi (Kurikulum)
    1. Pengembangan silabus
    2. Pengembangan RPP dan program perbaikan dan pengayaan
    3. Pengembangan RPP karakter (islami dan lingkungan)
  4. Pengembangan Standar Proses Pembelajaran
    1. Pengembangan dan inovasi-inovasi metode pembelajaran
    2. Pengembangan dan inovasi-inovasi bahan pembelajaran
    3. Pengembangan dan inovasi-inovasi sumber pembelajaran
  5. Pengembangan Standar Prasarana dan Sarana Pendidikan
    1. Peningkatan dan pengembangan inovasi-inovasi media pembelajaran
    2. Pengembangan sarana dan prasarana pendidikan
    3. Penciptaan lingkungan yang asri dan bersih sebagai pusat pembelajaran
    4. Pengembangan jaringan informasi akademik
  6. Pengembangan Standar Pengelolaan Pendidikan
    1. Pengembangan/penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)
    2. Pengembangan dan melengkapi administrasi Sekolah
    3. Pengembangan implementasi MBS dengan mengfungsikan peran Komite
  7. Pengembangan Standar Pembiayaan Pendidikan
    1. Penggalangan dana dari berbagai sumber yang sesuai dengan peraturan perundang-undang yang berlaku
    2. Penciptaan usaha-usaha di sekolah sebagai income generating aktivities
    3. Pengembangan jaringan kerjasama vertikal dan horizontal dengan stekholders
  8. Pengembangan Standar Penilaian
    1. Pengembangan perangkat model penilaian pembelajaran
    2. Implementasi model evaluasi pembelajaran : ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan uji coba
    3. Pengembangan instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi
    4. Pengembangan lomba-lomba atau uji coba dan peningkatan standar nilai

B. Strategis Untuk Mewujudkan Madrasah Unggul Berkarakter

 

NO PROGRAM STRATEGI STRATEGI PELAKSANAAN
1 2 3
1. Pengembangan Standar Kelulusan
  1. Peningkatan Standar Kelulusan

 

  • Sosialisasi
  • MGMP dan MGP Sekolah
  • Melaksanakan penetapan SKL dan pemetaan
  • Inovasi kegiatan pembelajaran
  • Pengiriman guru untuk mengikuti pelatihan
  • Dokumentasi hasil
  • Pengadaan buku bahan ajar UN
  1. Pengembangan lomba-lomba akademik
  • Menyusun jadwal kegiatan
  • Bimbingan dan pelatihan secara terprogram
  • Pembentukan kelompok olimpiade MIPA dan Bahasa Inggris
  • Penyiapan sarana dan prasarana
  1. Pengembangan lomba-lomba non akademik
  • Menyusun jadwal kegiatan
  • Menyusun jadwal dan program latihan
  • Penyusunan tim
  • Pengadaan tenaga pelati
  • Evaluasi
 
  1. Pengembangan bahasa Arab dan Inggris seluruh komponen.
  • Sosialisasi program
  • Pelatihan untuk guru
  • Evaluasi program
  • Kerja sama dengan pihak luar
2. Pengembangan Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  1. Pengembangan / peningkatan kualifikasi dan kompetensi guru profesional

 

  • Menyusun perencanaan pendataan guru yang belum memenuhi kualifikasi SNP
  • Pengiriman pelatihan, seminar yang berhubungan dengan profesionalisme guru
  • Pengiriman guru pada pelatihan, workshop dan seminar
  • Penyusunan PTK
  • Dokumentasi
  • Peningkatan etos ketja
  • Evaluasi
  1. Pengembangan/peningkatan kompetensi tenaga TU
  • Pengiriman pelatihan, seminar, workshop
  • Magang dengan instansi terkait
  1. Pengembangan tenaga pendukung (Laboran, pustakawan, TIK)
  • Pengiriman pelatihan, seminar, workshop
  • Magang dengan instansi terkait
  • Permohonan penambahan tenaga pendukung(Laboran, pustakawan, TIK)
3.   

 

 

  

 

 

Pengembangan standar isi ( kurikulum )
  1. Pengembangan silabus
  • Pembentukan coordinator bidang study
  • Sosialisasi
  • Workshop, lokakarya, dan seminar
  • MGMP dan MGP sekolah, Kecamatan dan Kodya
  • MGMP sekolah, Kecamatan dan Kodya
  • Dokumentasi hasil

 

  1. Pengembangan RPP dan program perbaikan dan pengayaan

 

  1. Workshop
  2. Analisis SK, KD dan Materi Pokok
  3. MGMP dan MGP sekolah, kecamatan, kodya dan Provinsi
  4. Dokumentasi hasil
  1. pengembangan RPP karakter (Islami dan lingkungan)
  • Pelatihan RPP berkarakter
  • Penerapan dengan MGMP
  • Evaluasi
  1. pengembangan dan inovasi dengan karakter (islami dan lingkungan)
  • Pelatihan
  • Penerapan
  • Evaluasi
4. Pengembangan Standar Proses Pembelajaran
  1. Pengembangan dan inovasi-inovasi metode pembelajaran

 

  • Workshop
  • Penerapan metode dan strategi
  • Pembelajaran CTL
  1. Pengembangan dan inovasi-inovasi bahan pembelajaran

 

  • Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam SK dan KD
  • Mengidentifikasi jenis materi pembelajaran
  • Memilih jenis materi yang sesuai dengan SK dan KD
  • Memilih sumber bahan ajar
  1. Pengembangan dan inovasi-inovasi sumber pembelajaran
  • Peningkatan kemampuan menggunakan dan mengelola laboratorium dalam pembelajaran
  • Peningkatan kemampuan mengembangkan laboratorium
  • Peningkatan kemampuan penggunaan perpustakaan dalam pembelajaran
5. Pengembangan Standar Prasarana dan Sarana Pendidikan
  1. Peningkatan dan pengembangan inovasi-inovasi media pembelajaran

 

  • Melaksanakan peningkatan pengembangan media pembelajaran melalui kegiatan MGMP
  • Menyusun perencanaan kebutuhan bahan
  • Bekerjasama dengan dinas pendidikan/instansi terkait
  1. Pengembangan sarana dan prasarana pendidikan
  • Permohonan pengadaan ke instansi terkait
  • Menyusun perencanaan kebutuhan bahan
  1. Penciptaan lingkungan yang asri dan bersih sebagai pusat pembelajaran

 

 

  1. Pengembangan jaringan

informasi akademik

  • Melaksanakan rehabilitasi tanaman sekolah
  • Melaksanakan penambahan varietas ikan yang adan di kolam sekolah
  • Melaksanakan penataan ruangan kelas
  • Melaksanakan penambahan kelengkapan kelas
  • Melaksanakan pemeliharaan ruangan kelas

 

  • Pengadaan computer dan jaringan internet

 

6. Pengembangan Standar Pengelolaan Pendidikan
  1. Pengembangan/penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)
  • Pembentukan team work yang kompeten
  • Pembagian tugas sesuai dengan kemampuan
  • Analisis lingkungan sesuai dengankebutuhan
  • Dokumentasi hasil
  1. Pengembangan dan melengkapi adminsitrasi sekolah
  • Pendatan administrasi kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, humas dan ketatausahaan
  • Memperbanyak/menggandakan format program dan format administrasi
  1. Pengembangan implementasi MBS dengan memfungsikan   peran komite

 

  • Melibatkan guru, karyawan dan OSIS serta Komite Sekolah dalam pembuatan RPS
  • Melibatkan guru dan karyawan dalam pengambilan keputusan.
  • Melaksanakan implementasi pengelolaan kurikulum
  • Memfasilitasi komite sekolah untuk merealisasikan tugas pokok dan fungsinya
7. Pengembangan Standar Pembiayaan Pendidikan
  1. Penggalangan dana dari berbagai sumber

 

  1. Penciptaan usaha-usaha di sekolah sebagai income generating aktivities

 

  1. Pengembangan jaringan kerjasama vertikal dan horisontal dengan stekholders
    • Membuat perencanaan pendayagunaan potensi sekolah, lingkungan dan jalinan kerjasama dengan orang tua murid
    • Penyusunan program kegiatan
    • Pembuatan buku pegangan siswa
    • Pengadaan lembar kegiatan siswa
  • Sosialisasi dengan orang tua murid, alumni dan pengusaha
  • Melaksanakan pertemuan dengan stekholders
8. Pengembangan Standar Penilaian
  1. Pengembangan perangkat model penilaian pembelajaran
  • Workshop
  • MGMP dan MGP sekolah, kecamatan, Kodya dan Provinsi
  • Inovasi format penilaian
  1. Implementasi model evaluasi pembelajaran : ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, uji coba
  • Perencanaan kisi-kisi ulangan harian
  • Pembuatan kisi-kisi tugas harian
  • Pembuatan kisi-kisi ulangan tengah semester
  • Pembuatan kisi-kisi uji cona
  1. Pengembangan instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi
  • Pengadaan buku-buku pedoman evaluasi
  • Membuat bank soal dengan berbagai bentuk soal
  1. Pengembangan lomba-lomba atau uji coba dan peningkatan standar nilai
  • Menyusun jadwal kegiatan lomba-lomba di tingkat sekolah
  • Melaksanakan lomba akademis
  • Melaksanakan lomba non akademis